Jumat, 18 November 2016

Cara Edit Data Siswa Lewat Database

Mungkin Anda capek, kesal, jengkel setelah berhasil upload data siswa lewat aplikasi desktop yang memakan waktu lebih dari 1 jam (maklum jumlah siswanya di atas 1000 bro...). Setelah dicek kembali ternyata masih ada data siswa yang salah. Misal kesalahan tanggal lahir, belum ditulis NISN, atau mungkin juga Ijazah atau SKHU. Bisa juga edit data gara2 personal salah menulis satmingkal.

(mau nangis rasanya), karena harus upload ulang form siswa yang memakan waktu lama.
Cape deeech.....

Sebenarnya sangat mudah, gak pake lama. Cukup dengan waktu kurang lebih 5 menit bisa selesai jika yang diperbaiki Cuma sedikit. Biasanya kesalahan itu sekitar 2 atau 5 data.

Di sini akan saya contohkan misal ada 2 data pada form siswa akan diperbaiki SKHU dan ijazahnya. (perhatikan no skhu dan ijazah pada gambar)



Buka database yang ada di aplikasi yang belum dijalankan. Tapi sebelumya amankan dulu (copas) database tersebut ke luar buat jaga-jaga jika pegeditan gagal. Maka database itubisa dikembalikan.


  Isi di dalamnya

 

Setelah di klik dia akan meminta password


Masukkan passwordnya : adminemisadminemis

Maka akan masuk ke lembar kerja. Cari di bagian mana data akan diperbaiki, sarpras, guru, siswa atau lulusan atau lainnya.

Disini saya akan memperbaiki skhu dan ijazah siswa.
Setelah masuk geser kekanan.



Misal data itu akan diperbaiki seperti gambar



Kemudian tutup aplikasi database. (tidak seperti aplikasi lainnya, tidak dilakukan penyimpananpun database langsung tersimpan setelah data ditutup)

Sekarang kita buka aplikasi desktopnya sebagaimana biasa anda lakukan. Tanpa harus upload ulang form siswa, lihat pada menu detail siswa. Data sudah berubah. Bisa lanjut ke menu selanjutnya (Backup).



Nggak pake lama bukan?



Semoga Bermanfaat
******


3 komentar: